Kali Angke meluap, Jalan Kembangan Utara terendam banjir

Kali Angke meluap, Jalan Kembangan Utara terendam banjir

Jalan Kembangan Utara sepanjang 200 meter tergenang air setinggi 30 cm. Akibat kondisi tersebut, ratusan siswa dan guru serta orang tua wali Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 pagi dan 02 Petang Kembangan Utara, Jakarta Barat, terpaksa harus melepas alas kakinya saat melintas di jalan tersebut.

Menurut salah satu warga RW 1, Kedoya Utara, Hasan (46) air yang menggenang setinggi 30 cm itu terjadi akibat luapan air dari saluran warga yang terdapat pada kedua sisi jalan.

"Selain itu, letak geografis lokasi jalan Kedoya Utara dengan bantaran kali jadi penyebab banjir yang menjadi langganan tahunan banjir ini," kata Hasan di depan SDN 01 pagi dan 02 Petang, Senin (3/12).

Dia menjelaskan, kondisi banjir kiriman saat ini masih kecil dibanding dengan banjir lima tahunan yang terjadi pada 2002 dan 2007. Saat itu air menggenangi jalan setinggi satu meter, dan murid sekolah pun harus mengungsi.

Sementara itu, Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat Monang Ritonga mengatakan air yang menggenangi jalan tersebut adalah hasil luapan anak Kali Angke yang airnya sudah meninggi hasil kiriman dari Bogor dan Tangerang yang curah hujannya sangat tinggi. Dan karena posisi kali berada di atas hunian warga, maka air kali yang sudah meninggi sebagian meluap dan masuk ke saluran warga yang selanjutnya turun pada lokasi yang lebih rendah.

SUMBER

0 comments on Kali Angke meluap, Jalan Kembangan Utara terendam banjir :

Post a Comment